Seiring dengan pesatnya perkembangan sepeda motor makin menjamur pula bengkel-bengkel motor dari yang berlisensi sampai yang hanya bermodalkan keberanian belaka. Sehingga kita sebagai konsumen sering di buat pusing tatkala tunggangan kita mogok kerja dan harus di rujuk ke bengkel. Pertanyannya,bengkel mana yang dapat di percaya untuk menangani tunggangan kita? Alih-alih jadi oke, malahan si do’i(motor maksudnya) Ka Ou.Di sini saya akan berbagi pengalaman pribadi kepada sobat-sobat khususnya yang menggunakan Honda Supra untuk mobilitas sehari-hari. Cara setting klep supra berikut ini mungkin bisa membantu anda
Pertama yang perlu di siapkan adalah:
- Kunci T 14 Kunci ring 8/9
- Kunci tutup klep,jika tidak ada bisa menggunakan kunci ring 19
- Fuller gauge(pengukur jarak klep)
- Kunci pelatuk klepTang kombinasi
- Treebon seal atau seal merk lain
- Kain lap
Pelaksanaan cara setting klep supra adalah sebagai berikut:
- Tempatkan motor di tempat yang bersih jauh dari bahan kimia dan barang-barang yang mengganggu lainnya. Gunakan sandar tengah supaya kondisi motor stabil.
- Bukalah cover samping kanan dan kiri dengan melepas 4 baut di masing-masing sisinya.Setelah cover terlepas sobat bisa melihat silinder blok yang posisinya tepat di bawah karburator yang bentuknya mirip sarang lebah. Sebelum melaksanakan langkah berikutnya ada baiknya sobat amati semua komponen yang ada pada mesin motor sobat.
- Langkah berikutnya,dengan menggunakan kunci tutup klep,lepaskan 2 mur besar yang ada pada silinder blok (sarang lebah) dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam (posisi mur ini 1 di atas dan1 di bawah).Jika sobat tidak punya kunci tutup klep sobat bisa pakai kunci ring 19 dengan catatan harus hati-hati agar tutup klep tidak luka atau bahkan rusak.Pada saat sobat membuka tutup klep bawah (out) akan keluar beberapa mililiter oli dan itu hal yang wajar.Tak masalah.