Social Icons

Klep motor bunyi ngelitik saat jalan

Klep motor bunyi ngelitik saat jalan? Apa penyebabnya?
Klep Motor Bunyi Ngelitik Saat Jalan
Sebelum kita bahas tentang klep motor bunyi saat jalan akan saya ulas sedikit  tentang apa yang di maksud dengan klep. Klep ( katup) adalah suatu part kendaraan bermotor atau lebih tepatnya mesin yang berfungsi untuk mengatur keluar masuknya gas ( yang berupa campuran bensin dan udara ) ke dalam ruang pembakaran. Berbentuk seperti payung dan sistem geraknya maju mundur. Klep motor hanya terdapat pada jenis motor dengan mesin 4 langkah ( 4 Tak mas bro ) dan tidak terdapat pada motor dengan mesin 2 langkah.

Trus klep motor bunyi ngelitik saat jalan tu kenapa om?
Tar dulu sabar... uda paham belum 4 langkah sama 2 langkah? Langsung aja contoh 4 langkah tu honda supra, suzuki shogun125, Yamah vega dll. Dan yang 2 langkah contohnya yamaha F1ZR ( fis R..), suzuki tornado, dll. Pokoknya motor yang kalo jalan banyak asapnya ya 2 tak trus kalo motor yang ga ada asapnya sama sekali, ya termasuk motor 4 tak ( kecuali yang klep motor nya uda soak ya ).

Lanjut kepada klep motor bunyi ngelitik saat jalan. secara umum dapat di jelaskan bahwa klep motor memiliki pengaturan tertentu sahingga dapat men- supply gas dengan kapasitas tertentu secara optimal. Sehingga klep motor harus di atus sedemikian rupa dengan kerenggangan tertentu sesuai dengan type kendaraan dan kapasitas ruang bakar. Klep motor bunyi ngelitik saat jalan bisa jadi pengaturan celah klep terlalu lebar. Tetapi jika mesin motor sudah pernah di korek atau di perbesar CC nya maka pengaturan ini memang sengaja dan dapat pengaturan maximumnya segitu. Tetapi untuk motor standard klep bunyi ngelitik adalah hal yang tidak wajar sebab rata - rata pihak pabrik telah menentukan celah klep agar tidak berisik.

Bagi anda yang kebetulan memiliki masalah klep motor bunyi ngelitik saat jalan sebaiknya anda bawa kendaraan anda ke bengkel agar di atur ulang stelan klep nya, sebab jika terlalu longgar kerusakan akan merembet ke piston (seher) atau rig seher. Kenapa bisa seperti itu? sebab jika pengaturan celah klep tidak normal maka asupan bahan bakar pun juga tidak normal akibatnya motor akan kehilangan tenaga alias mbeler bin lemot. Nah biasanya biker yang kurang paham mesin, kondisi motor mbeler bin lemot itu di paksa terus dengan menarik gas maksimal agar motor lekas berlari cepat. Ini adalah cara yang salah.

Jika anda ingin men- setting klep motor sendiri silakan baca di bab Cara Setting Klep Motor Supra. Namun jika anda tidak memiliki alat nya saya sarankan untuk membawa kendaraan ke bengkel kepercayaan anda. Bukan meremehkan tetapi men- setting klep motor perlu ketelitian ekstra. Jika celah klep di rubah maka anda juga harus men- setting ulang karburator agar asupan gas campuran bisa sesuai.

Demikian artikel klep motor bunyi ngelitik saat jalan ini dan semoga membantu.